Rabu, 10 Juni 2015

Adikmu Cerminan Dirimu





Hey kawan.. siapa disini yang sering bertengkar dengan adiknya? Sering kesal karena kelakuannya? Atau bahkan ada yang benci terhadap adik sendiri? Astagfirullah..
Kali ini saya akan membahas tentang adik kalian lhoo.. eits, tapi ini bukan berarti membela salah satu diantara kalian nii.. langsung aja yaa kita mulai pembahasannya.
Sadar atau tidak, sebagian besar tingkah laku adik, cenderung meniru apa-apa yang didengar atau dilihatnya. Ga percaya? Flashback yuu...

Waktu dia umur 4 atau lima tahun, dan kamu yang umurnya lebih tua darinya sering kali diikuti ucapan atau tingkah lakunya. Tanda-tanda a meniru kamu itu ada banyak. Diantaranya; dia mengikuti kamu ke setiap sudut rumah manapun. Ketika kamu mempercepat kecepatanmu, diapun melakukan itu juga. Disaat itu kamu menoleh padanya dan berkata; sanaa ih, jangan ngikutin kakak.Dia pun melakukan itu juga dengan mimik muka tertawa. Nah, lho siapa yang pernah begitu?

Disatu moment ini bisa terlihat adanya perilaku meniru dari sang adik. Secara tidak sadar dia pun akan menjadi seperti yang ditirunya. Kepada orang lain, ketika dia merasa risih, dia akan mengucapkan nada sinis atau bahkan lebih dari nada yang kamu contohkan.

Semisal lagi, kamu disuruh mandi oleh ibumu. Lalu kamu menjawab “ntar aja buu.. ade aja dulu”. Tanpa kamu sadari dia mendengar ucapanmu dan ketika dia ditanya oleh ibumu dia menjawab, “nanti ajaa buu.. kakak aja duluu.” Kamu yang mendengarnya bukan sadar atas apa yang kamu contohkan, namun malah balik memanaskan suasana. “ih, ade dulu ajaa, biasanya juga ade mandi jam segini.” “ih kakak aja, ade ma nanti” “ade ko susah yaa dibilanginnya, Cuma disuruh mandi aja susah” “bawel banget si ka, nanti juga mandi” tatatatata... akhirnya bertengkar..



Sadar gaa dia itu niru sifat kakaknya?
Kalo belum sadar,sadar yuuu... mumpung belum telat.  Mulai sekarang, perbaiki hati, ucapan dan tindakannya. Harus bisa menjadi contoh yang baik. Kalo bukan kita yang merubah kebiasaan buruk itu, apakah kita mau adik kita menjadi seperti kita?
Tentunya tidak mau kaan...


So, berubahlah dan benahi dirimu .

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar bijak datang dari orang yang cerdas (^_^)